Saturday, June 23, 2012

Indonesian article about the Cologne component of our European Tour


Kain Ulos Batak Dikaji Ahli Jerman
Sosbud / Sabtu, 23 Juni 2012 07:15 WIB



Metrotvnews.com, Frankfurt: Komunitas Batak memiliki pengetahuan tradisional bernilai tinggi tentang menenun Ulos. Sayangnya, dewasa ini teknik tradisional mulai ditinggalkan oleh para penenun.

Padahal, hasil tenunan dengan teknik tradisionl lebih bagus daripada menggunakan teknik modern. Hal itu diungkapkan pakar Etnologis Dr Sandra Niessen dalam acara pameran tekstil Ulos Batak di Gallery Smend, di Kota Koeln, Jerman.

Menurut pejabat KJRI Frankfurt, Hendriek Yopin, Jumat (22/6), dalam pameran tersebut Dr Niessen menayangkan secara detil bagaimana ulos ditenun dengan teknik tradisional yang sarat dengan nilai-nilai filsafat.

Sandra Niessen memperlihatkan bagaimana warga suku Batak menenun Ulos melalui film singkat berdurasi 30 menit berjudul "Rangsa ni Tonun". Film yang dibuat MJA Nashir itu memperlihatkan setiap tahapan pembuatan ulos yang mengandung makna spiritual. Jika diurut, maknanya bermuara kepada kebesaran Tuhan sang pencipta.

Konjen RI di Frankfurt, Damos Dumoli Agusman menyatakan kekagumannya atas upaya Dr Niessen dan Nashir merekonstruksi pengetahuan tradisional teknik menenun Ulos yang hampir saja menjadi bagian sejarah dari budaya Batak.

Menurutnya, alat tradisional tenun Batak memang sudah hampir punah karena beralih ke alat yang lebih modern. Namun demikian teknik pembuatan tradisional perlu didokumentasikan dan dilestarikan.

Pengetahuan tradisional sedang diperjuangkan di forum World Intellectual Property Organization (WIPO) di Jenewa sebagai hak intelektual komunitas yang akan mendapat perlindungan dari perspektif HAKI, ujarnya.

Diharapkan dokumentasi ini akan membantu Pemerintah mengidentifikasi dan merekonstruksi kembali pengetahuan tradisional komunitas adat Indonesia yang mulai punah.

Hal ini dengan sendirinya memperkuat perlindungan HAKI terhadap kemungkinan diklaim komunitas atau Negara lain, ujarnya.

Menurut Konjen sudah tentu pengetahuan ini milik komunitas Batak dan upaya Niessen ini semakin memperkokoh kepemilikan orang Batak atas intelektual.

Pengetahuan tradisional dan direkonstruksi secara sistematis serta dikemas dalam media yang dapat dipahami semua lapisan pengamat di dunia sehingga komunitas Batak tidak perlu lagi kuatir tentang titel kepemilikannya, ujar Damos.

Dalam Film tersebut dikisahkan secara visual para penenun Batak menggunakan alat dan bahan-bahan yang sangat sederhana namun sangat kaya dengan makna filosofisnya.

Dalam penuturannya, Dr Niessen berhasil mengumpulkan data-data dari berbagai arsip tentang teknik menenun ini dan membuat kembali alat-alat tersebut.

Dia menunjukkan alat ini kepada sekelompok wanita Batak yang telah berusia lanjut dan tidak dapat membendung air matanya pada saat wanita tersebut memperagakan teknik traditional menenun dengan menggunakan alat-alat itu.

Mereka sudah lama tidak melihat alat ini namun memorinya masih sempurna untuk menggunakan apa yang dialami pada saat remaja dan sayang sekali teknik ini tidak lagi berkembang dalam komunitas Batak dewasa ini, ujar Dr Niessen.

Pameran ini diselenggarakan Rudolf Smend, yang telah lama menggeluti teknik pembuatan Batik Indonesia dan dihadiri pakar tenun dan akademisi Jerman yang tertarik dengan Indonesia.

Dalam pameran tersebut hadir mantan misionaris Jerman yang pernah menetap di tanah Batak setelah era misionaris terkenal Jerman Dr Ingwer L Nomensen. (Ant/Wrt3)






source: http://www.metrotvnews.com/metromain/news/2012/06/23/95817/Kain-Ulos-Batak-Dikaji-Ahli-Jerman

No comments:

Post a Comment